Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain Pohon Huruf pada Murid Tunagrahita Ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

Main Author: Indriyana, Poppy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7863/1/BAB%20I%20Acc.docx
http://eprints.unm.ac.id/7863/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar membaca permulaan dengan menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar membaca permulaan dengan menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan pada kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2012/ 2013 sebanyak 5 orang murid. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum menggunakan metode Bermain Pohon Huruf termasuk dalam kategori tidak mampu. Sedangkan setelah menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan termasuk pada kategori mampu. Jadi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Bermain Pohon Huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.