Pengembangan Perangkat Penilaian Praktikum Fisika Dasar II yang Komprehensip pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Main Author: ZAINUDDIN, ZAINUDDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7856/1/Artikel%20Jurnal.docx
http://eprints.unm.ac.id/7856/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perangkat penilaian praktikum fisika dasar yang komprehensip, valid dan realiabel pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan desain pengembangan instrumen yang digunakan adalah disain model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran/ penggunaan perangkat. Peserta ujicoba adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar angkatan 2014 yang keseluruhannya berjumlah 57 orang, semester genap dengan teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian praktikum fisika dasar II yang komprehensip pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar yang dikembangkan berdasarkan hasil ujicoba dinyatakan memenuhi aspek validitas, dan reliabilitas yang baik. Kata kunci: Perangkat penilaian, Prinsip komprehensip