Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Makassar

Main Author: FEBRYANTI R, RESKY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7840/1/BAB%20I%2C.doc
http://eprints.unm.ac.id/7840/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SMP Negeri 30 Makassar. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan supervisi oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 30 Makassar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 30 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari satu kepala sekolah dan empat guru. Alat pengumpulan data dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 30 Makassar sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa supervisi yang ditunjukkan dengan indikator perencanaan supervisi yang terdiri atas membuat jadwal dan penyusunan rancangan, pelaksanaan supervisi yang terdiri atas pengumpulan data, penilaian, deteksi kelemahan, memperbaiki kelemahan dan pelatihan dan bimbingan. Sedangkan evaluasi supervisi terdiri atas evaluasi program dan feedback.