KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG
Main Author: | MIRNAWATI, MIRNAWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7836/1/MIRNAWATI.docx http://eprints.unm.ac.id/7836/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan merupakan satu-satunya bahasa yang dapat memenuhi kebutuhan akan bahasa yang seragam dalam pendidikan di Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Selain itu, bahasa Indoensia merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan. Pada pembelajaran bahasa Indonesia ada empat keterampilan yang diharapkan siswa dapat menguasainya, yaitu keterampilan menyimak (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca (reading skills), dan keterampilan menulis (writing skills). Melalui keterampilan-keterampilan tersebut siswa diharapkan mampu meningkatkan komunikasi bahasa Indonesianya dengan baik dan benar. Pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, juga untuk meningkatkan kemampuan berpikir, mengungkapkan gagasan, perasaan, pendapat, menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa dan kemampuan memperluas wawasan di lingkungan sekitar.