Penerapan Teknik Self Instruction untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba
Main Author: | Yulianti, Yulianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7833/1/BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/7833/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik self instruction untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. Rumusan masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah prosedur penerapan teknik self instruction dalam menangani kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba?. (2) Bagaimanakah tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self instruction di SMA Negeri 9 Bulukumba?. (3) Apakah penerapan teknik teknik self instruction dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Prosedur penerapan teknik self instruction dalam menangani kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self instruction di SMA Negeri 9 Bulukumba. (3) Penerapan teknik teknik self instruction dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian desain sebelum eksperimen. Desain Eksperimen yang digunakan adalah satu kelompok desain sebelum dan sesudah tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X.E-X.I yang berjumlah 103 siswa dan sampel adalah 10 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum diterapkan teknik self instruction di SMA Negeri 9 Bulukumba berada pada kategori tinggi dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self instruction di SMA Negeri 9 Bulukumba mengalami penurunan, yaitu berada pada pada kategori rendah. (2) Penerapan Teknik self instruction dapat menangani kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba.