Kemampuan Menulis Teks Deskripsi melalui Pemanfaatan Media Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Maros

Main Author: Muhridha, Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7832/1/MUHRIDHA.docx
http://eprints.unm.ac.id/7832/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan menulis isi teks deskripsi melalui media lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Maros; kemampuan menyusun struktur teks deskripsi melalui media lingkungan siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Maros; dan kemampuan menggunakan ciri kebahasaan dalam menulis teks deskripsi melalui media lingkungan siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Maros. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Maros yang berjumlah 326 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 29 siswa SMP Negeri 2 Maros. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Nilai rata-rata siswa dalam menulis isi teks deskripsi melalui media lingkungan yaitu 94,2 yang berada pada kategori sangat mampu, menyusun struktur teks deskripsi melalui media lingkungan yaitu 83,6 dengan kategori mampu, dan hanya menggunakan ciri kebahasaan dalam menulis teks deskripsi melalui media lingkungan yaitu 57,7 dengan kategori cukup mampu. Hal tersebut tergambar dengan perkerjaan siswa pada ciri kebahasaan telah menggunakan kata-kata khusus, kalimat rincian, tetapi tidak menggunakan majas dan sinonim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi melalui media lingkungan siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Maros dikategorikan mampu. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Deskripsi melalui Media Lingkungan