Penerapan Konseling Naratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Di SMP Negeri 6 Makassar

Main Author: PERTIWI, INDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7816/1/bab%20I.doc
http://eprints.unm.ac.id/7816/
ctrlnum 7816
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7816/</relation><title>Penerapan Konseling Naratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Di SMP Negeri 6 Makassar.</title><creator>PERTIWI, INDAH</creator><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini menelaah penerapan konseling naratif untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran pelaksanaan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar?. 2. Bagaimanakah gambaran kemampuan bersosialisasi siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar?. 3. Apakah konseling naratif dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gambaran pelaksanaan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar. 2. Gambaran kemampuan bersosialisasi sebelum dan sesudah diberikan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar. 3. Apakah konseling naratif dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa di SMP Negeri 6 Makassar pada tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi menjadi 10 siswa pada kelompok eksperimen dan 10 siswa pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan Konseling Naratif terbagi menjadi tiga bagian yakni pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi dan terminasi. Pada bagian pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu membuat cerita dan mendapatkan hasil yang unik, menulis ulang cerita berdasarkan pengalaman, dan tugas rumah. Dari hasil pelaksanaan konseling naratif melalui observasi, disimpulkan bahwa tiap pertemuan terjadi peningkatan keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan konseling naratif. 2. Tingkat kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar sebelum perlakuan (Pretest) baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori rendah. Namun demikian siswa yang telah diberi konseling naratif menunjukkan perubahan signifikan dari tingkat kategori kemampuan bersosialisasi yang rendah menjadi kategori tinggi, sedangkan bagi siswa yang tidak diberi perlakuan berupa konseling naratif tidak menunjukkan perubahan signifikan atau tetap dalam kategori rendah. 3. Konseling naratif dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa secara signifikan.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7816/1/bab%20I.doc</identifier><identifier> PERTIWI, INDAH (2015) Penerapan Konseling Naratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Di SMP Negeri 6 Makassar. S1 thesis, FIP. </identifier><recordID>7816</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PERTIWI, INDAH
title Penerapan Konseling Naratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Di SMP Negeri 6 Makassar
publishDate 2015
topic ILMU PENDIDIKAN
url http://eprints.unm.ac.id/7816/1/bab%20I.doc
http://eprints.unm.ac.id/7816/
contents ABSTRAK Penelitian ini menelaah penerapan konseling naratif untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran pelaksanaan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar?. 2. Bagaimanakah gambaran kemampuan bersosialisasi siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar?. 3. Apakah konseling naratif dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gambaran pelaksanaan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar. 2. Gambaran kemampuan bersosialisasi sebelum dan sesudah diberikan konseling naratif di SMP Negeri 6 Makassar. 3. Apakah konseling naratif dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa di SMP Negeri 6 Makassar pada tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi menjadi 10 siswa pada kelompok eksperimen dan 10 siswa pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan Konseling Naratif terbagi menjadi tiga bagian yakni pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi dan terminasi. Pada bagian pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu membuat cerita dan mendapatkan hasil yang unik, menulis ulang cerita berdasarkan pengalaman, dan tugas rumah. Dari hasil pelaksanaan konseling naratif melalui observasi, disimpulkan bahwa tiap pertemuan terjadi peningkatan keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan konseling naratif. 2. Tingkat kemampuan bersosialisasi siswa di SMP Negeri 6 Makassar sebelum perlakuan (Pretest) baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori rendah. Namun demikian siswa yang telah diberi konseling naratif menunjukkan perubahan signifikan dari tingkat kategori kemampuan bersosialisasi yang rendah menjadi kategori tinggi, sedangkan bagi siswa yang tidak diberi perlakuan berupa konseling naratif tidak menunjukkan perubahan signifikan atau tetap dalam kategori rendah. 3. Konseling naratif dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa secara signifikan.
id IOS3399.7816
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-05-10T00:15:23Z
last_indexed 2018-05-10T00:15:23Z
recordtype dc
_version_ 1764483755782701056
score 17.538404