Pengembangan Kegiatan Bermain Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Kelompok B Di PAUD Taman Kanak-Kanak Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

Main Author: HJ. SURYANI, HJ. SURYANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7788/1/7.pdf
http://eprints.unm.ac.id/7788/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah “Bagaimana mengembangkan kegiatan bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok B di PAUD Taman Kanak-Kanak Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar”. Tujuan Pengembangan Pembelajaran ini untuk mengetahui sejauhmana pengembangan kegiatan bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok B di PAUD Taman Kanak-Kanak Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar . Subyek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan . penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan bermain kartu angka menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan . Anak mampu mengenal konsep bilangan dengan baik . Dengan demikian pengembangan bermain kartu angka bergambar menjadi salah satu alternatif bagi pendidik anak usia dini untuk pengembangan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan.