Pengembangan Kegiatan Mewarnai Gambar dengan Teknik Pointilis untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Main Author: Hamid, Wirdawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7775/1/9.pdf
http://eprints.unm.ac.id/7775/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah “Bagaimanakah Kegiatan Mewarnai Gambar dengan Teknik Pointilis untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?”. Tujuan Pengembangan pembelajaran ini yaitu untuk meningkatkan motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointils di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Subjek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B sebanyak 15 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointilis menunjukkan peningkatan motorik halus anak. Anak dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi mata dan tangan yang baik. Sebagai kesimpulan, pengembangan kegiatan mewarnai gambar dengan teknik pointilis dapat meningkatkan motorik halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Karena itu, kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointilis direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus di Taman Kanak-kanak.