Analisis Butir Soal Ulangan Semester Ganjil Buatan Tim Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar untuk Mata Pelajaran IPA SMP

Main Author: SARLIANA IRMA, ANDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7647/1/ARTIKEL.docx
http://eprints.unm.ac.id/7647/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan semester ganjil buatan tim Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar jika ditinjau berdasarkan kaidah penulisan soal, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, distractor/pengecohnya; (ii) untuk mengetahui tingkatan kognitif butir soal ulangan semester ganjil buatan Tim Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis secara kuantitatif butir soal ulangan semester siswa SMP Negeri 4 Mappakasunggu memiliki rata-rata tingkat kesukaran 20% sukar, 71,7% sedang, 8,3% mudah. Rata-rata indeks daya pembeda 29,2% sangat baik, 21,7% baik, 17,5% kurang baik, 31,6% tidak baik. Nilai reliabilitas kelas VII adalah 0,82 (reliabel), kelas VIII 0,41 (tidak reliabel), dan kelas IX 0,49 (tidak reliabel). Rata-rata pengecoh 74,2% berfungsi dengan baik, dan 25,8% tidak berfungsi dengan baik. Analisis secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal (aspek materi, kosntruksi, dan bahasa) kelas VII memiliki 99,1% sesuai dengan aspek penelaahan, dan 0,8% tidak sesuai dengan aspek penelaahan. Soal kelas VIII memiliki 97,5% sesuai dengan aspek penelaahan, dan 2,5% tidak sesuai dengan aspek penelaahan. Soal kelas IX memiliki 97,1% sesuai dengan aspek penelaahan, dan 2,9% tidak sesuai dengan aspek penelaahan. Soal memiliki rata-rata tingkatan kognitif C1 (40,8%), C2 (48,3%), C3 (9,2%), C4 (1,6%). Kata Kunci : Analisis butir soal, Kualitas soal, Soal buatan tim Dinas Pendidikan Pendidikan Kabupaten Takalar