Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng

Main Author: AZIS, NURWAHIDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7640/1/artikel.docx
http://eprints.unm.ac.id/7640/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, 2) tingkat minat baca siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, 3) tingkat prestasi belajar siswa di SD Negeri No. 5 LembangCina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, dan 4) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas III sampai kelas VI. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis stastistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa di SD Negeri No.5 Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng berada pada kategori sangat baik serta prestasi belajar siswa di SD Negeri No.5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng berada pada kategori baik. Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri No.5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.