Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two dengan tipe Make A Match dalam pembelajaran hidrokarbon di SMK Negeri 1 Pallangga

Main Author: NURSANTI, NURSANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/764/1/NURSANTI.docx
http://eprints.unm.ac.id/764/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NURSANTI. 2013 Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two dengan tipe Make A Match dalam pembelajaran hidrokarbon di SMK Negeri 1 Pallangga.(Dibimbing oleh Muhammad Danial dan Ramdani) Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran aktivitas siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif The Power of Two dan Make a Match (2) Untuk mengetahui gambaran respons siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif The Power of Two dan Make a Match (3) Untuk menegetahui gambaran hasil belajar hidrokarbon pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif T he Power of Two dan Make A Match (4) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar hidrokarbon pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif The Power of Two dan Make A Match. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilakukan di SMKN 1 Pallangga. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen pertama dengan menggunakan model The Power of Two dan kelompok eksperimen ke dua menggunakan model pembelajaran Make a Match. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, buku siswa, lembar kegiatan siswa, tes hasil belajar, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan inferensial (T-tes dengan α=0,05) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa baik yang diajar dengan model pembelajaran tipe The Power of Two dengan tipe Make a Match selama proses pembelajaran sudah efektif (2) Respon siswa terhadap pembelajaran positif (3) Hasil belajar kimia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan tipe Make a Match telah mencapai ketuntasan belajar (5) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan tipe Make a Match.