Analisis Manajemen Kelas (Studi di SMA Negeri 5 Bulukumba)

Main Author: NURKANI, NURKANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7626/1/3.%20ISI.docx
http://eprints.unm.ac.id/7626/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini mengkaji Analisis Manajemen Kelas (Studi di SMA Negeri 5 Bulukumba). Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah gambaran manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada aspek manajemen siswa dan organisasi fasilitas fisik kelas ? Berdasarkan rumusan masalah penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada aspek manajemen siswa dan organisasi fasilitas fisik kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yakni menggambarkan pelaksanaan manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah 24 responden yaitu 8 guru wali kelas I, 8 guru wali kelas II, dan 8 guru wali kelas III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket dan dokumentasi, dengan teknik analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada manajemen siswa berada dalam katergori baik pada tiga aspek yaitu pengorganisasian dan penempatan siswa, penugasan siswa, pembimbingan siswa; dan organisasi fasilitas fisik kelas berada dalam kategori baik pada empat aspek yaitu pengaturan tempat duduk, pengaturan alat-alat pelajaran, pemeliharaan keindahan ruangan kelas dan cahaya dan ventilasi. Berdasarkan rangkuman hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba berada dalam kategori baik.