Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Wacana Deskriptif Kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau
Main Author: | Putri, Ayu Inaya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7611/1/BAB%20I%20%28PENDAHULUAN%29.doc http://eprints.unm.ac.id/7611/2/BAB%20V%20%28KESIMPULAN%20DAN%20SARAN%29.doc http://eprints.unm.ac.id/7611/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan membuat wacana deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru tanpa menggunakan media audiovusial, (2) kemampuan membuat wacana deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru dengan menggunakan media audiovusial, dan (3) perbedaan kemampuan menulis wacana deskriptif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru, (4) keefektifan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis wacana deskriptif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau yang berjumlah 206 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data proses pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan proses pembelajaran tanpa menggunakan media audiovisual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang dilakukan pada setiap pertemuan. Data proses pembelajaran dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis wacana deskriptif tanpa menggunakan media audiovisual tidak mencapai ketuntasan karena nilai rata-rata siswa hanya 54,13 sedangkan ketuntasan yang harus dicapai yaitu 70,00, (2) kemampuan menulis wacana deskriptif dengan menggunakan media audiovisual mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 70,00, dan (3) media audiovisual efektif digunakan dalam menulis wacana deskriptif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Hal tersebut dibuktikan dari uji hipotesis nilai p-value < 0,05 yaitu 0,005 < 0,05, sehingga ditetapkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Kata Kunci: Keefektifan, menulis wacana deskriptif, media audiovisual