Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Main Author: Kasmia, Kasmia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/76/1/Kasmia.docx
http://eprints.unm.ac.id/76/
ctrlnum 76
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/76/</relation><title>Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng</title><creator>Kasmia, Kasmia</creator><subject>AS Academies and learned societies (General)</subject><description>ABSTRAK&#xD; Kasmia. 2014. &#x201C;Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.&#x201D; Skripsi. Dibimbing oleh Salam dan Sulastriningsih Djumingin. &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berbicara dan keefektifan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap:(1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) analisis statistik deskriptif, dan (4) analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbicara siswa kelas yang diajar dengan menggunakan media flashcard lebih tinggi daripada kemampuan siswa yang diajar dengan media pembelajaran kartu. Temuan ini didukung oleh perolehan nilai rata-rata pre-test dan pos-test pada kelas yang diajar dengan menggunakan media flashcard termasuk dalam kategori tinggi yaitu 16,59 dan 24,81, sedangkan pre-test dan pos-test kelas yang diajar dengan media pembelajaran kartu termasuk dalam kategori sedang yaitu 16,52 dan 20,09. Nilai t hitung yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 11,135. Sedangkan nilai t tabel adalah 2,019 dengan derajat kebebasan (dk) = n-1 (42-1= 41) dan signifikasi sebesar 5% untuk uji dua pihak (two tail test). Nilai untuk dk 41 tidak ada dalam tabel, maka dilakukan interpolasi sehingga diperoleh 2,019. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, maka nilai t hitung &gt; t tabel yaitu 11,135 &gt; 2,019 sehingga Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo, sehingga media flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran berbicara. &#xD; Diharapkan kepada pendidik-pendidik di sekolah agar memanfaatkan secara maksimal media-media yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa.&#xD; Kata kunci: Pembelajaran berbicara, media, flashcard</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/76/1/Kasmia.docx</identifier><identifier> Kasmia, Kasmia (2014) Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>76</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kasmia, Kasmia
title Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng
publishDate 2014
topic AS Academies and learned societies (General)
url http://eprints.unm.ac.id/76/1/Kasmia.docx
http://eprints.unm.ac.id/76/
contents ABSTRAK Kasmia. 2014. “Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.” Skripsi. Dibimbing oleh Salam dan Sulastriningsih Djumingin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berbicara dan keefektifan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap:(1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) analisis statistik deskriptif, dan (4) analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbicara siswa kelas yang diajar dengan menggunakan media flashcard lebih tinggi daripada kemampuan siswa yang diajar dengan media pembelajaran kartu. Temuan ini didukung oleh perolehan nilai rata-rata pre-test dan pos-test pada kelas yang diajar dengan menggunakan media flashcard termasuk dalam kategori tinggi yaitu 16,59 dan 24,81, sedangkan pre-test dan pos-test kelas yang diajar dengan media pembelajaran kartu termasuk dalam kategori sedang yaitu 16,52 dan 20,09. Nilai t hitung yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 11,135. Sedangkan nilai t tabel adalah 2,019 dengan derajat kebebasan (dk) = n-1 (42-1= 41) dan signifikasi sebesar 5% untuk uji dua pihak (two tail test). Nilai untuk dk 41 tidak ada dalam tabel, maka dilakukan interpolasi sehingga diperoleh 2,019. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, maka nilai t hitung > t tabel yaitu 11,135 > 2,019 sehingga Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo, sehingga media flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran berbicara. Diharapkan kepada pendidik-pendidik di sekolah agar memanfaatkan secara maksimal media-media yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbicara, media, flashcard
id IOS3399.76
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2016-09-24T07:14:28Z
last_indexed 2016-09-24T07:14:28Z
recordtype dc
_version_ 1764483719103512576
score 17.538404