Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Gaya Mengajar Guru dan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Makassar

Main Author: Razak, Rizkiani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7561/1/ARTIKEL%20TESIS_Rizkiani%20Razak.docx
http://eprints.unm.ac.id/7561/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar (2) mengetahui hubungan sikap belajar dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar (3) mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dan sikap belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar, teknik pengambilan sampel purposive random sampling dengan besaran sampel 172 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan signifikan (p < 0,05) antara persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Makassar Koefisien korelasi (r) sebesar 0,374 dan sumbangan efektifnya (R2) sebesar 14,0%. (2) terdapat hubungan signifikan (p < 0,05) antara sikap belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Makassar Koefisien korelasi (r) sebesar 0,417 dan sumbangan efektifnya (R2) sebesar 17,4%. dan (3) terdapat hubungan signifikan (p < 0,05) antara persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dan sikap belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Makassar Koefisien korelasi (r) sebesar 0,426 dan sumbangan efektifnya (R2) sebesar 18,1%.