Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media

Main Author: EDY, ANDHY FIRMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7539/1/34.%20Andhy%20Firman%20jurnal.doc
http://eprints.unm.ac.id/7539/
ctrlnum 7539
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7539/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media.</title><creator>EDY, ANDHY FIRMAN</creator><subject>PASCASARJANA</subject><subject>Jasmani dan Olahraga</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SDN 48 Mamminasae berbasis bermain dengan berbagai media Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo&#xD; &#xD; Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 48 Mamminasae Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi.&#xD; &#xD; Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 6 siswa (20%) tuntas belajar dan 24 siswa (80%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 53,33% yaitu 16 siswa telah tuntas belajar dan 14 siswa (46,66%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 30 siswa telah tuntas.&#xD; &#xD; Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran bermain lompatdengan berbagai media pada mata pelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya jongkok, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 48 Mamminasae.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7539/1/34.%20Andhy%20Firman%20jurnal.doc</identifier><identifier> EDY, ANDHY FIRMAN (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>7539</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author EDY, ANDHY FIRMAN
title Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media
publishDate 2015
topic PASCASARJANA
Jasmani dan Olahraga
url http://eprints.unm.ac.id/7539/1/34.%20Andhy%20Firman%20jurnal.doc
http://eprints.unm.ac.id/7539/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SDN 48 Mamminasae berbasis bermain dengan berbagai media Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 48 Mamminasae Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 6 siswa (20%) tuntas belajar dan 24 siswa (80%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 53,33% yaitu 16 siswa telah tuntas belajar dan 14 siswa (46,66%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 30 siswa telah tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran bermain lompatdengan berbagai media pada mata pelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya jongkok, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 48 Mamminasae.
id IOS3399.7539
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:20:16Z
last_indexed 2018-04-20T00:20:16Z
recordtype dc
_version_ 1764483754610393088
score 17.538404