Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media
Main Author: | EDY, ANDHY FIRMAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7539/1/34.%20Andhy%20Firman%20jurnal.doc http://eprints.unm.ac.id/7539/ |
ctrlnum |
7539 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7539/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media.</title><creator>EDY, ANDHY FIRMAN</creator><subject>PASCASARJANA</subject><subject>Jasmani dan Olahraga</subject><description>ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SDN 48 Mamminasae berbasis bermain dengan berbagai media Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 48 Mamminasae Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi.

Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 6 siswa (20%) tuntas belajar dan 24 siswa (80%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 53,33% yaitu 16 siswa telah tuntas belajar dan 14 siswa (46,66%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 30 siswa telah tuntas.

Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran bermain lompatdengan berbagai media pada mata pelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya jongkok, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 48 Mamminasae.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7539/1/34.%20Andhy%20Firman%20jurnal.doc</identifier><identifier> EDY, ANDHY FIRMAN (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>7539</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
EDY, ANDHY FIRMAN |
title |
Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 48 Mamminasae Berbasis Bermain Dengan Berbagai Media |
publishDate |
2015 |
topic |
PASCASARJANA Jasmani dan Olahraga |
url |
http://eprints.unm.ac.id/7539/1/34.%20Andhy%20Firman%20jurnal.doc http://eprints.unm.ac.id/7539/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SDN 48 Mamminasae berbasis bermain dengan berbagai media Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 48 Mamminasae Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi.
Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 6 siswa (20%) tuntas belajar dan 24 siswa (80%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 53,33% yaitu 16 siswa telah tuntas belajar dan 14 siswa (46,66%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 30 siswa telah tuntas.
Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran bermain lompatdengan berbagai media pada mata pelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya jongkok, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 48 Mamminasae. |
id |
IOS3399.7539 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-20T00:20:16Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:20:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483754610393088 |
score |
17.538404 |