Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang

Main Author: Dahlan, Muh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7495/1/Artikel%20Dahlan.docx
http://eprints.unm.ac.id/7495/
ctrlnum 7495
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7495/</relation><title>Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang</title><creator>Dahlan, Muh</creator><subject>BAHASA INDONESIA</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Rancangannya berupa deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, dan menyajikan data hasil penelitian dengan objektif atau sesuai kenyataan di lapangan. Fokus penelitian ini adalah aktivitas berbahasa siswa. Data yang diperoleh berupa tuturan siswa beserta konteksnya baik dalam proses belajar mengajar di kelas, maupun di luar proses belajar mengajar dalam lingkungan sekolah. Data yang diperoleh melalui observasi berupa perekaman, pencatatan, identifikasi, dan analisis deskriptif, untuk menjawab masalah yang terdapat dalam rumusan masalah yaitu bagaimanakah prinsip kesantunan berbahasa Indonesia, dan bagaimanakah struktur kalimat kesantunan bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan berbahasa santun yang memadai. Hal ini dapat dilihat dengan kemampuan siswa berkomunikasi dengan tuturan yang berdasarkan prinsip kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi enam maksim yaitu: kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, permufakatan, kesederhanaan, dan kesimpatian. Demikian pula struktur kalimat kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi: panjang-pendeknya tuturan, langsung-tidaknya tuturan, urutan tuturan, serta ungkapan-ungkapan penanda kesantunan berbahasa. Hasil penelitian kiranya dapat menjadi salah satu referensi bagi guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa secara santun di SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7495/1/Artikel%20Dahlan.docx</identifier><identifier> Dahlan, Muh (2014) Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>7495</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dahlan, Muh
title Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang
publishDate 2014
topic BAHASA INDONESIA
url http://eprints.unm.ac.id/7495/1/Artikel%20Dahlan.docx
http://eprints.unm.ac.id/7495/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Rancangannya berupa deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, dan menyajikan data hasil penelitian dengan objektif atau sesuai kenyataan di lapangan. Fokus penelitian ini adalah aktivitas berbahasa siswa. Data yang diperoleh berupa tuturan siswa beserta konteksnya baik dalam proses belajar mengajar di kelas, maupun di luar proses belajar mengajar dalam lingkungan sekolah. Data yang diperoleh melalui observasi berupa perekaman, pencatatan, identifikasi, dan analisis deskriptif, untuk menjawab masalah yang terdapat dalam rumusan masalah yaitu bagaimanakah prinsip kesantunan berbahasa Indonesia, dan bagaimanakah struktur kalimat kesantunan bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan berbahasa santun yang memadai. Hal ini dapat dilihat dengan kemampuan siswa berkomunikasi dengan tuturan yang berdasarkan prinsip kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi enam maksim yaitu: kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, permufakatan, kesederhanaan, dan kesimpatian. Demikian pula struktur kalimat kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi: panjang-pendeknya tuturan, langsung-tidaknya tuturan, urutan tuturan, serta ungkapan-ungkapan penanda kesantunan berbahasa. Hasil penelitian kiranya dapat menjadi salah satu referensi bagi guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa secara santun di SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang.
id IOS3399.7495
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:20:16Z
last_indexed 2018-04-20T00:20:16Z
recordtype dc
_version_ 1764483754503438336
score 17.538404