Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang
Main Author: | Dahlan, Muh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7495/1/Artikel%20Dahlan.docx http://eprints.unm.ac.id/7495/ |
ctrlnum |
7495 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7495/</relation><title>Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang</title><creator>Dahlan, Muh</creator><subject>BAHASA INDONESIA</subject><description>ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Rancangannya berupa deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, dan menyajikan data hasil penelitian dengan objektif atau sesuai kenyataan di lapangan. Fokus penelitian ini adalah aktivitas berbahasa siswa. Data yang diperoleh berupa tuturan siswa beserta konteksnya baik dalam proses belajar mengajar di kelas, maupun di luar proses belajar mengajar dalam lingkungan sekolah. Data yang diperoleh melalui observasi berupa perekaman, pencatatan, identifikasi, dan analisis deskriptif, untuk menjawab masalah yang terdapat dalam rumusan masalah yaitu bagaimanakah prinsip kesantunan berbahasa Indonesia, dan bagaimanakah struktur kalimat kesantunan bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan berbahasa santun yang memadai. Hal ini dapat dilihat dengan kemampuan siswa berkomunikasi dengan tuturan yang berdasarkan prinsip kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi enam maksim yaitu: kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, permufakatan, kesederhanaan, dan kesimpatian. Demikian pula struktur kalimat kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi: panjang-pendeknya tuturan, langsung-tidaknya tuturan, urutan tuturan, serta ungkapan-ungkapan penanda kesantunan berbahasa. Hasil penelitian kiranya dapat menjadi salah satu referensi bagi guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa secara santun di SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7495/1/Artikel%20Dahlan.docx</identifier><identifier> Dahlan, Muh (2014) Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>7495</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dahlan, Muh |
title |
Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang |
publishDate |
2014 |
topic |
BAHASA INDONESIA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/7495/1/Artikel%20Dahlan.docx http://eprints.unm.ac.id/7495/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Rancangannya berupa deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, dan menyajikan data hasil penelitian dengan objektif atau sesuai kenyataan di lapangan. Fokus penelitian ini adalah aktivitas berbahasa siswa. Data yang diperoleh berupa tuturan siswa beserta konteksnya baik dalam proses belajar mengajar di kelas, maupun di luar proses belajar mengajar dalam lingkungan sekolah. Data yang diperoleh melalui observasi berupa perekaman, pencatatan, identifikasi, dan analisis deskriptif, untuk menjawab masalah yang terdapat dalam rumusan masalah yaitu bagaimanakah prinsip kesantunan berbahasa Indonesia, dan bagaimanakah struktur kalimat kesantunan bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan berbahasa santun yang memadai. Hal ini dapat dilihat dengan kemampuan siswa berkomunikasi dengan tuturan yang berdasarkan prinsip kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi enam maksim yaitu: kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, permufakatan, kesederhanaan, dan kesimpatian. Demikian pula struktur kalimat kesantunan berbahasa Indonesia yang meliputi: panjang-pendeknya tuturan, langsung-tidaknya tuturan, urutan tuturan, serta ungkapan-ungkapan penanda kesantunan berbahasa. Hasil penelitian kiranya dapat menjadi salah satu referensi bagi guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa secara santun di SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. |
id |
IOS3399.7495 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-20T00:20:16Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:20:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483754503438336 |
score |
17.538404 |