Metode Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VII. I SMP Negeri I Palangga Kabupaten Gowa

Main Author: Pratiwi, Ririn Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7489/1/SKRIPSI%20ASLI%20RIRIN.docx
http://eprints.unm.ac.id/7489/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui (1). Metode Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) yang diajarkan pada kelas VII. I SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa, (2) Kelemahan dan kelebihan metode yang digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya (seni Tari) di SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa, (a). Kelemahan metode ceramah yaitu siswa jenuh jika pemberian materi terlalu lama dan kurang menarik, sedangkan kelebihannya dapat memaksa siswa untuk membaca dan belajar dari sumber lainnya. (b). Kelemahan metode diskusi yaitu banyaknya waktu yang terpakai namun kadang hasil yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan, sedangkan kelebihannya yaitu suasana kelas yang lebih hidup karena partisipasi siswa.(c). Kelemahan metode tanya jawab yaitu timbulnya masalah baru dari pertanyaan siswa yang tidak sesuai dengan materi yang diberikan, sedangkan kelebihannya yaitu siswa lebih aktif karena tidak sekedar mendengarkan saja. (3) Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran seni tari pada kelas VII 1 di SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa adalah metode ceramah, diskusi, dan Tanya jawab Seni Budaya (Seni Tari) kelemehan dan kelebihan.