Pengembangan Perangkat Asesmen Praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik Berbasis Keterampilan Proses Sains Jurusan Kimia UIN Alauddin Makassar

Main Author: NIRMALA, WA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7465/1/ARTIKEL.docx
http://eprints.unm.ac.id/7465/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat diukur dengan menggunakan asesmen pembelajaran. Dalam pembelajaran sains (praktikum) dibutuhkan asesmen yang baik dan terencana untuk menilai proses maupun hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, dibutuhkan asesmen praktikum berbasis Keterampilan Proses Sains yang dapat mengukur aspek kognitif, psikomotorik dan sikap mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan memperoleh perangkat asesmen praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) yang valid, relibel dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas SAINTEK UIN Alauddin Makassar dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester tiga sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data melalui: 1) wawancara bebas; 2) pengamatan (observasi) dan asesmen langsung terhadap rancangan perangkat asesmen praktikum berbasis KPS; 3) dokumentasi dan 4) penyebaran angket dan lembar keterlaksanaan perangkat. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis validasi ahli, analisis reliabilitas dan kepraktisan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengembangan dilakukan dalam lima tahap yaitu investigasi awal; perancangan; realisasi; tes, evaluasi dan revisi; dan implementasi serta perangkat asesmen praktikum berbasis KPS yang dikembangkan bersifat valid, reliabel dan praktis