Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baruppu Kabupaten Toraja Utara

Main Author: Prayetno, Narwis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7457/1/2.%20BAB%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/7457/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baruppu Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baruppu Kabupaten Toraja Utara yang berjumlah 155 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C yang berjumlah 32 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis menulis teks cerpen. Peneliti mengumpulkan dan menyeleksi teks-teks yang dibuat oleh siswa, peneliti membaca dan menganalisis unsur-unsur intrinsik, mekanik, dan penggunaan bahasa yang terdapat dalam teks cerpen siswa. Keseluruhan data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) menghitung rata-rata skor siswa; (4) membuat tabel klasifikasi kemampuan siswa sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baruppu Kabupaten Toraja Utara dikategorikan tidak mampu. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari 32 siswa yang dijadikan sampel, yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 8 siswa (25%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai di bawah 75 sebanyak 24 siswa (75%). Secara kuantitatif, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baruppu Kabupaten Toraja Utara tidak mampu dalam menulis teks cerpen karena jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas tidak mencapai kriteria jumlah yang ditetapkan, yaitu 70%.