Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Makassar
Main Author: | Basuki, Dicky Setiadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7438/1/07.%20BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/7438/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan hasil menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Makassar tanpa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Lerning) dan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning); (2) Mendeskripsikan perbedaan yang signifikan tanpa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Makassar yang berjumlah 325 orang. Adapun sampel penelitian berjumlah 61 siswa dari dua kelas VIII.7 dan VIII.8. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak kelas (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara keefektifan menulis teks eksposisi kelas kontrol tanpa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan kelas eksperimen dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Kelas kontrol hanya 6 orang siswa (20%) yang mencapai nilai rata-rata 61,83 yang dikategorikan tidak efektif sedangkan kelas eksperimen sebanyak 19 orang (61,3%) dengannilai rata-rata 76,53 yang dikategorikan efektif menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Makassar. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,568>ttabel = 2,079, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.