Profil Tahap Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Keruangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Makassar

Main Author: Pratiwi, Mentari Jati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7415/1/12.%20BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7415/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang tahap berpikir geometri Van Hiele yang dibatasi: tahap analisis, visualisasi dan abstraksi siswa berdasarkan kemampuan keruangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian yang melibatkan enam siswa kelas XI ini memilih subjek berdasarkan tingkat kemampuan keruangan mereka yakni tinggi, sedang dan rendah. Sementara, masing-masing tingkatan diwakili oleh dua orang subjek. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen berupa tes kemampuan keruangan dan tes wawancara yang dikembangkan sendiri oleh peneliti menggunakan materi bangun ruang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat masing-masing tahapan berpikir geometri Van Hiele pada subjek baik ia berkemampuan tinggi, rendah, maupun sedang. Subjek berkemampuan keruangan tinggi mengidentifikasi bangun ruang berdasarkan pengamatan pada gambar. Subjek berkemampuan sedang mengidentifikasi bangun ruang berdasarkan pengamatan dan ingatannya. Subjek berkemampuan rendah mengidentifikasi bangun ruang berdasarkan ingatan dan adanya penghitungan volume pada setiap bangun ruang.