Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Main Author: IRVIANA, IRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7411/1/ISI%20TESIS%20BAB%20I-V.docx
http://eprints.unm.ac.id/7411/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran TGT dan metode ceramah bervariasi (ii) Untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa motivasi tinggi dan motivasi rendah (iii) Untuk melihat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS (iv) Untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS pada siswa motivasi tinggi dikelas yang menggunakan model pembelajaran TGT dan metode ceramah bervariasi (v) Untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS pada siswa motivasi rendah dikelas yang menggunakan model pembelajaran TGT dan meotode ceramah bervariasi, (vi) Untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS pada siswa motivasi tinggi dan motivasi rendah dikelas yang menggunakan model pembelajaran TGT, (vii) Untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS pada siswa motivasi tinggi dan motivasi rendah dikelas yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian factorial eksperimen. Tehnik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2014/2015 Penentuan sampel dalam penelitian ini diambil dari dua sekolah dikecamatan Makassar yaitu SDN.KIP Maccini dan SD Inpres Maccini yaitu siswa kelas V yang keseluruhan berjumlah 60 orang dari banyaknya jumlah populasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (i) Hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih tinggi dari pada metode ceramah bervariasi, (ii) Hasil belajar IPS pada siswa motivasi tinggi lebih tinggi dari pada siswa motivasi rendah, (iii) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS, (iv) Hasil belajar IPS kelompok yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih tinggi dari pada kelompok yang menggunakan metode ceramah bervariasi pada siswa motivasi tinggi, (v) Hasil belajar IPS kelompok yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih rendah dari pada kelompok yang menggunakan metode ceramah bervariasi pada siswa motivasi rendah, (vi) Hasil belajar IPS siswa motivasi tinggi lebih tinggi dari pada siswa motivasi rendah pada kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT, (vii) Hasil belajar IPS siswa motivasi tinggi lebih rendah dari pada siswa motivasi rendah pada kelas yang menggunakan metode ceramah bervariasi.