Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan tentang tahapan-tahapn pelaksanaan supervisi yaitu perencaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan tindak lanjut supervisi serta upaya-upaya kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di SD Negeri Baraya II dan SD. Negeri Layang I Makassar yang terletak di kecamatan Bontoala kota Makassar pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data berupa koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi data dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi supervisi kepala sekolah di SD Negeri Baraya II Makassar dan SD Negeri Layang I Makassar Meliputi tahapan perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan tindak lanjut supervisi serta upaya yang dilakukan dalam peningkatan kinerja guru belum dilaksanaakn secara maksimal berdasarkan dimensi kompetensi supervisi kepala sekolah.