Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng
Main Author: | A.SURNIANI, A.SURNIANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7392/1/10.%20A.Surniani%20jurnal.doc http://eprints.unm.ac.id/7392/ |
ctrlnum |
7392 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7392/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng</title><creator>A.SURNIANI, A.SURNIANI</creator><subject>PASCASARJANA</subject><subject>Jasmani dan Olahraga</subject><description>ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh dengan menggunakan materi half squat jump kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru ,dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif,afektif dan psikomotor. 

Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 2 siswa (13,33%) kualifikasi memuaskan dan 11 siswa (73,33%) kualifikasi cukup dan 2 siswa (13,33%)kualifikasi sangant kurang. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 6,66% yaitu 1 siswa dengan kualifikasi sangat memuakan telah tuntas belajar dan 6 siswa (40%) kualifikasi memuaskan dan 8 siswa(53,33%) kualifikasi kurang belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 15 siswa telah tuntas .

Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan materi half squat jump dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dan efisien.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7392/1/10.%20A.Surniani%20jurnal.doc</identifier><identifier> A.SURNIANI, A.SURNIANI (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>7392</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
A.SURNIANI, A.SURNIANI |
title |
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng |
publishDate |
2015 |
topic |
PASCASARJANA Jasmani dan Olahraga |
url |
http://eprints.unm.ac.id/7392/1/10.%20A.Surniani%20jurnal.doc http://eprints.unm.ac.id/7392/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh dengan menggunakan materi half squat jump kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru ,dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif,afektif dan psikomotor.
Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 2 siswa (13,33%) kualifikasi memuaskan dan 11 siswa (73,33%) kualifikasi cukup dan 2 siswa (13,33%)kualifikasi sangant kurang. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 6,66% yaitu 1 siswa dengan kualifikasi sangat memuakan telah tuntas belajar dan 6 siswa (40%) kualifikasi memuaskan dan 8 siswa(53,33%) kualifikasi kurang belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 15 siswa telah tuntas .
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan materi half squat jump dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dan efisien. |
id |
IOS3399.7392 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-20T00:20:14Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:20:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483753973907456 |
score |
17.538404 |