Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng

Main Author: A.SURNIANI, A.SURNIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7392/1/10.%20A.Surniani%20jurnal.doc
http://eprints.unm.ac.id/7392/
ctrlnum 7392
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7392/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng</title><creator>A.SURNIANI, A.SURNIANI</creator><subject>PASCASARJANA</subject><subject>Jasmani dan Olahraga</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh dengan menggunakan materi half squat jump kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.&#xD; &#xD; Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru ,dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif,afektif dan psikomotor. &#xD; &#xD; Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 2 siswa (13,33%) kualifikasi memuaskan dan 11 siswa (73,33%) kualifikasi cukup dan 2 siswa (13,33%)kualifikasi sangant kurang. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 6,66% yaitu 1 siswa dengan kualifikasi sangat memuakan telah tuntas belajar dan 6 siswa (40%) kualifikasi memuaskan dan 8 siswa(53,33%) kualifikasi kurang belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 15 siswa telah tuntas .&#xD; &#xD; Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan materi half squat jump dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dan efisien.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7392/1/10.%20A.Surniani%20jurnal.doc</identifier><identifier> A.SURNIANI, A.SURNIANI (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>7392</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author A.SURNIANI, A.SURNIANI
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Murid Kelas V SD Negeri 268 Tanjongee Kecamatan Marioriwawo KabupatenSoppeng
publishDate 2015
topic PASCASARJANA
Jasmani dan Olahraga
url http://eprints.unm.ac.id/7392/1/10.%20A.Surniani%20jurnal.doc
http://eprints.unm.ac.id/7392/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh dengan menggunakan materi half squat jump kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lompat jauh siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru ,dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif,afektif dan psikomotor. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 2 siswa (13,33%) kualifikasi memuaskan dan 11 siswa (73,33%) kualifikasi cukup dan 2 siswa (13,33%)kualifikasi sangant kurang. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 6,66% yaitu 1 siswa dengan kualifikasi sangat memuakan telah tuntas belajar dan 6 siswa (40%) kualifikasi memuaskan dan 8 siswa(53,33%) kualifikasi kurang belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu 15 siswa telah tuntas . Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan materi half squat jump dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 268 Tanjonge dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dan efisien.
id IOS3399.7392
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:20:14Z
last_indexed 2018-04-20T00:20:14Z
recordtype dc
_version_ 1764483753973907456
score 17.538404