Upaya meningkatkan menendang bola kaki bagian dalam dengan menggunakan model perpasangan pada permainan sepak bola murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Passeno Kabupaten Sidenreng Rappang
Main Author: | BAHARUDDIN, BAHARUDDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7380/1/Jurnal.doc http://eprints.unm.ac.id/7380/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Sejauh mana pendekatan model pembelajaran melalui model perpasangan dapat meningkatkan hasil belajar murid-murid. 2) Sejauh mana kemampuan murid dalam belajar menendang bola kaki bagian dalam permainan sepak bola. 3) Sejauh mana kemampuan guru dalam mengajar permainan sepak bola. 4) Sejauh manamanaresponmuridterhadappembelajaransepak bola melalui model perpasangan. 5) Sejauh mana hasil belajar murid terhadap menendang bola kaki bagian dalam permainan sepak bola dengan model perpasangan. Berpasangan hasil rekapitulasi antara siklus dalam pelaksanaan melalui model perpasangan pada siklus kedua menunjukkan peningkatan kemampuan dasar menendang bola kaki bagian dalam permainan sepak bola pada kelas IV SD Negeri 4 Passeno kabupaten Sidenreng Rappang hal tersebut dapat menunjukkan oleh ketuntasan murid yang didasarkan pada standar nilai minimal yang ditetapkan yaitu (75 – 100) atau syarat ketuntasan murid hal tersebut di tunjukkan dari hasil siklus I terhadap 12 murid (50,0%) dalam skala 90-100 (sangat baik) dan meningkatmenjadi 16 murid (66,6%) sehingga memperoleh peningkatan sebesar 16,7% (66,6% - 50,0%) demikian pula pada skala nilai 75 – 80 (baik) meningkat pada siklus II terdapat 19 murid (79-2%) danmeningkatmenjadi 21 murid (87,5%) sehingga diperoleh peningkatan 20,8% (87,5% - 79,2%) pada kemampuan dasar menendang bola kaki bagian dalam permainan sepak bola pada murid kelas IV SD Negeri 4 Passeno kabupaten Sidenreng Rappang.