Implementasi Porgram Pembelajaran Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) pada SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa

Main Author: HARUNA., HARNI NURYANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7374/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7374/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi SKTB di SMKN 1 Somba Opu di Kabupaten Gowa, ditinjau dari Kurikulum Sekolah, Ketenagaan, Peserta Didik, Sarana prasarana, Pembiayaan, serta faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi program tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SKTB berjalan baik sesuai dengan petunjuk yang dipersyaratkan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa. Kurikulum SKTB terlaksana sejalan dengan kurikulum yang ada di sekolah. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, yaitu ketersediaan tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan . Sedangkan penerapan ditinjau dari bidang sarana prasarana masih belum terlaksana maksimal terutama untuk mata pelajaran produktif. Bidang sarana prasarana ini merupakan faktor pendukung sekaligus faktor penghambat implementasi SKTB. Faktor pendukung implementasi SKTB, yaitu: 1) tersedianya anggaran dari pemerintah untuk proses pembelajaran; 2) perbaikan gedung dan penambahan ruang kelas; 3) adanya pelatihan/workshop yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan sekolah; dan 4) adanya penambahan tenaga pendidik dan kependidikan. Sedangkan faktor penghambat implementasi SKTB adalah: 1) kurangnya semangat dan motivasi tinggi siswa untuk belajar, kurangnya dukungan dari para guru, dan kurangnya sarana prasarana pada mata pelajaran produktif.