Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa

Main Author: Mirnawati, Mirnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7325/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7325/
ctrlnum 7325
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7325/</relation><title>Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa</title><creator>Mirnawati, Mirnawati</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa. penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa yang berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 20 orang penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling atau pengambilan data secara acak, kelas yang terpilih yaitu kelas IX A. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes. Data yang diperoleh dari tes diolah dengan menggunakan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa dikategorikan belum mampu. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes kemampuan memahami isi teks rupama yaitu, dari 20 siswa sampel , hanya `11 siswa (55%) yang mampu mencapai nilai 75 ke atas.&#xD; &#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saransebagai berikut: (1) siswa sebaiknya diberikan banyak latihan membaca. (1) Guru diharapkan memberi motivasi membaca dan memerlihatkan kondisi dan pengetahuan siswa dengan berinteraksi dalam proses belajar mengajar. (3) Guru sebaiknya mencari strategi mengajar yang baik lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran pemahaman siswa.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7325/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> Mirnawati, Mirnawati (2017) Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>7325</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mirnawati, Mirnawati
title Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa
publishDate 2017
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/7325/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7325/
contents ABSTRAK Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa. penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa yang berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 20 orang penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling atau pengambilan data secara acak, kelas yang terpilih yaitu kelas IX A. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes. Data yang diperoleh dari tes diolah dengan menggunakan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa dikategorikan belum mampu. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes kemampuan memahami isi teks rupama yaitu, dari 20 siswa sampel , hanya `11 siswa (55%) yang mampu mencapai nilai 75 ke atas. Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saransebagai berikut: (1) siswa sebaiknya diberikan banyak latihan membaca. (1) Guru diharapkan memberi motivasi membaca dan memerlihatkan kondisi dan pengetahuan siswa dengan berinteraksi dalam proses belajar mengajar. (3) Guru sebaiknya mencari strategi mengajar yang baik lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran pemahaman siswa.
id IOS3399.7325
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:20:11Z
last_indexed 2018-04-20T00:20:11Z
recordtype dc
_version_ 1764483753821863936
score 17.538404