Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa
Main Author: | Mirnawati, Mirnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7325/1/BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/7325/ |
ctrlnum |
7325 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7325/</relation><title>Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa</title><creator>Mirnawati, Mirnawati</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK
Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa. penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa yang berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 20 orang penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling atau pengambilan data secara acak, kelas yang terpilih yaitu kelas IX A. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes. Data yang diperoleh dari tes diolah dengan menggunakan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa dikategorikan belum mampu. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes kemampuan memahami isi teks rupama yaitu, dari 20 siswa sampel , hanya `11 siswa (55%) yang mampu mencapai nilai 75 ke atas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saransebagai berikut: (1) siswa sebaiknya diberikan banyak latihan membaca. (1) Guru diharapkan memberi motivasi membaca dan memerlihatkan kondisi dan pengetahuan siswa dengan berinteraksi dalam proses belajar mengajar. (3) Guru sebaiknya mencari strategi mengajar yang baik lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran pemahaman siswa.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7325/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> Mirnawati, Mirnawati (2017) Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>7325</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mirnawati, Mirnawati |
title |
Kemampuan Memahami Isi Teks Rupama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa |
publishDate |
2017 |
topic |
Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia |
url |
http://eprints.unm.ac.id/7325/1/BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/7325/ |
contents |
ABSTRAK
Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa. penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa yang berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 20 orang penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling atau pengambilan data secara acak, kelas yang terpilih yaitu kelas IX A. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes. Data yang diperoleh dari tes diolah dengan menggunakan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi teks rupama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa dikategorikan belum mampu. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes kemampuan memahami isi teks rupama yaitu, dari 20 siswa sampel , hanya `11 siswa (55%) yang mampu mencapai nilai 75 ke atas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saransebagai berikut: (1) siswa sebaiknya diberikan banyak latihan membaca. (1) Guru diharapkan memberi motivasi membaca dan memerlihatkan kondisi dan pengetahuan siswa dengan berinteraksi dalam proses belajar mengajar. (3) Guru sebaiknya mencari strategi mengajar yang baik lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran pemahaman siswa. |
id |
IOS3399.7325 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-20T00:20:11Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:20:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483753821863936 |
score |
17.538404 |