Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik
Main Author: | Hidayat, Awal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7324/1/03.%20BAB%20I.pdf http://eprints.unm.ac.id/7324/ |
ctrlnum |
7324 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7324/</relation><title>Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik</title><creator>Hidayat, Awal</creator><subject>Matematika</subject><description>ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa yang ditinjau dari stres akademik. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 1 orang siswa dengan stres akademik rendah, 1 orang siswa dengan stres akademik sedang, dan 1 orang siswa dengan stres akademik tinggi. Instumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung, yaitu kuesioner stres akademik, tes pemecahan masalah, dan transkrip wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis hasil tes dan wawancara. 
Dalam kemampuan berpikir reflektif, terdapat tiga fase yang dapat dilalui oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika. Ketiga fase tersebut ialah fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada fase reacting, siswa dengan stres akademik rendah, sedang, dan tinggi memenuhi semua indikator untuk kedua soal. (2) Pada fase comparing, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal. (3) Pada fase contemplating, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7324/1/03.%20BAB%20I.pdf</identifier><identifier> Hidayat, Awal (2018) Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik. S1 thesis, FMIPA. </identifier><recordID>7324</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hidayat, Awal |
title |
Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik |
publishDate |
2018 |
topic |
Matematika |
url |
http://eprints.unm.ac.id/7324/1/03.%20BAB%20I.pdf http://eprints.unm.ac.id/7324/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa yang ditinjau dari stres akademik. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 1 orang siswa dengan stres akademik rendah, 1 orang siswa dengan stres akademik sedang, dan 1 orang siswa dengan stres akademik tinggi. Instumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung, yaitu kuesioner stres akademik, tes pemecahan masalah, dan transkrip wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis hasil tes dan wawancara.
Dalam kemampuan berpikir reflektif, terdapat tiga fase yang dapat dilalui oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika. Ketiga fase tersebut ialah fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada fase reacting, siswa dengan stres akademik rendah, sedang, dan tinggi memenuhi semua indikator untuk kedua soal. (2) Pada fase comparing, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal. (3) Pada fase contemplating, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal. |
id |
IOS3399.7324 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-20T00:20:11Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:20:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483753819766784 |
score |
17.538404 |