Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik

Main Author: Hidayat, Awal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7324/1/03.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/7324/
ctrlnum 7324
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7324/</relation><title>Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik</title><creator>Hidayat, Awal</creator><subject>Matematika</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa yang ditinjau dari stres akademik. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 1 orang siswa dengan stres akademik rendah, 1 orang siswa dengan stres akademik sedang, dan 1 orang siswa dengan stres akademik tinggi. Instumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung, yaitu kuesioner stres akademik, tes pemecahan masalah, dan transkrip wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis hasil tes dan wawancara. &#xD; Dalam kemampuan berpikir reflektif, terdapat tiga fase yang dapat dilalui oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika. Ketiga fase tersebut ialah fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada fase reacting, siswa dengan stres akademik rendah, sedang, dan tinggi memenuhi semua indikator untuk kedua soal. (2) Pada fase comparing, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal. (3) Pada fase contemplating, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7324/1/03.%20BAB%20I.pdf</identifier><identifier> Hidayat, Awal (2018) Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik. S1 thesis, FMIPA. </identifier><recordID>7324</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hidayat, Awal
title Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik
publishDate 2018
topic Matematika
url http://eprints.unm.ac.id/7324/1/03.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/7324/
contents ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa yang ditinjau dari stres akademik. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 1 orang siswa dengan stres akademik rendah, 1 orang siswa dengan stres akademik sedang, dan 1 orang siswa dengan stres akademik tinggi. Instumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung, yaitu kuesioner stres akademik, tes pemecahan masalah, dan transkrip wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis hasil tes dan wawancara. Dalam kemampuan berpikir reflektif, terdapat tiga fase yang dapat dilalui oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika. Ketiga fase tersebut ialah fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada fase reacting, siswa dengan stres akademik rendah, sedang, dan tinggi memenuhi semua indikator untuk kedua soal. (2) Pada fase comparing, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal. (3) Pada fase contemplating, siswa dengan stres akademik rendah dan sedang memenuhi syarat indikator yang harus dilalui untuk kedua soal.
id IOS3399.7324
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:20:11Z
last_indexed 2018-04-20T00:20:11Z
recordtype dc
_version_ 1764483753819766784
score 17.538404