Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar
Main Author: | Yuastuti M., Besse Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7315/1/4.%20BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/7315/ |
ctrlnum |
7315 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7315/</relation><title>Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar</title><creator>Yuastuti M., Besse Sri</creator><subject>FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA</subject><description>ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar tanpa menggunakan teknik think pair share, (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar menggunakan teknik think pair share, dan (3) Membuktikan keefektifan teknik think pair share dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar.

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar yang berjumlah 189 orang. Adapun sampel penelitian berjumlah 75 siswa dari 2 kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak kelas (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial.

Hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas kontrol tanpa menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tidak tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumah 3 orang (8%) belum mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75% sedangkan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 28 orang (76%) telah mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,710 > ttabel = 1,993, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik Think Pair Share efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7315/1/4.%20BAB%20I.docx</identifier><identifier> Yuastuti M., Besse Sri (2017) Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>7315</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yuastuti M., Besse Sri |
title |
Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar |
publishDate |
2017 |
topic |
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/7315/1/4.%20BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/7315/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar tanpa menggunakan teknik think pair share, (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar menggunakan teknik think pair share, dan (3) Membuktikan keefektifan teknik think pair share dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar yang berjumlah 189 orang. Adapun sampel penelitian berjumlah 75 siswa dari 2 kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak kelas (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial.
Hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas kontrol tanpa menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tidak tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumah 3 orang (8%) belum mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75% sedangkan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 28 orang (76%) telah mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,710 > ttabel = 1,993, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik Think Pair Share efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar. |
id |
IOS3399.7315 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-20T00:20:11Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:20:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483753788309504 |
score |
17.538404 |