Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar

Main Author: Yuastuti M., Besse Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7315/1/4.%20BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7315/
ctrlnum 7315
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7315/</relation><title>Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar</title><creator>Yuastuti M., Besse Sri</creator><subject>FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar tanpa menggunakan teknik think pair share, (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar menggunakan teknik think pair share, dan (3) Membuktikan keefektifan teknik think pair share dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar.&#xD; &#xD; Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar yang berjumlah 189 orang. Adapun sampel penelitian berjumlah 75 siswa dari 2 kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak kelas (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial.&#xD; &#xD; Hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas kontrol tanpa menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tidak tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumah 3 orang (8%) belum mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75% sedangkan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 28 orang (76%) telah mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,710 &gt; ttabel = 1,993, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik Think Pair Share efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7315/1/4.%20BAB%20I.docx</identifier><identifier> Yuastuti M., Besse Sri (2017) Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>7315</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yuastuti M., Besse Sri
title Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar
publishDate 2017
topic FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
url http://eprints.unm.ac.id/7315/1/4.%20BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7315/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar tanpa menggunakan teknik think pair share, (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar menggunakan teknik think pair share, dan (3) Membuktikan keefektifan teknik think pair share dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar yang berjumlah 189 orang. Adapun sampel penelitian berjumlah 75 siswa dari 2 kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak kelas (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas kontrol tanpa menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tidak tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumah 3 orang (8%) belum mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75% sedangkan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 28 orang (76%) telah mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,710 > ttabel = 1,993, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik Think Pair Share efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar.
id IOS3399.7315
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:20:11Z
last_indexed 2018-04-20T00:20:11Z
recordtype dc
_version_ 1764483753788309504
score 17.538404