Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan ModulPembelajaranFisika Berbasis Tutor Sebaya Pada Materi Pokok Gerak di SMAMuhammadiyahKalosi

Main Author: DAHALIA, DAHALIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7293/1/ARTIKEL%20DAHALIA.docx
http://eprints.unm.ac.id/7293/
Daftar Isi:
  • Penelitianiniadalahpenelitianpengembangan yang bertujuanuntukmenghasilkanmodulberbasistutor sebaya pada gerak lurus yang valid, praktis, danefektif. Pengembanganmodulpembelajaranberpedomanpadalangkah-langkahpengembangan model Dick and Carey yang terbagidalamsepuluhtahapanyaitu: Analisiskebutuhanuntukmengidentifikasitujuan(instructional goal), analisispembelajaran, identifikasitingkahlakuawal/ karakteristiksiswa, perumusantujuankinerja (indikator), pengembanganinstrumenpenilaian, penyusunanstrategipembelajaran, pengembanganataupemilihanbahanajar, penggunaanperangkatpembelajarandenganmelaksanakanevaluasiformatif, merevisi modul, sertamerancangdanmelaksanakanevaluasisumatif. Modul yang divalidasioleh 2 validator menunjukkanbahwa rata-rata hasilpenilaianmodulsebesar 4,30 beradapadakategorisangat valid, (ii) hasilujicobalapanganberdasarkanpengamatandaridua observer menunjukkanbahwamodulpembelajaranmemenuhikriteriacukupefektifdengankategori: ketercapaianhasilbelajarsebesar 88,89%, danpengamatanaktivitassiswamenunjukkanbahwaempatkategoripengamatanaktivitassiswaterpenuhi, (iii) hasilanalisis data padahasilujicobalapanganberdasarkanpengamatandaridua observer menunjukkanbahwamodulpembelajaranmemenuhikriteriapraktisdengankategori: pengelolaanpembelajaranmemenuhikategoribaikdengannilaikemampuan guru 4; danresponsiswa memenuhikriteriaresponpositifsebesar 72,99%. Kata kunci: Tutor Sebaya, Dick and Carey, danGerak Lurus