Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX.10 SMP Negeri 1 Binamu

Main Author: Musakkir, Musakkir
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7211/1/ARTIKEL%20TESIS.doc
http://eprints.unm.ac.id/7211/
Daftar Isi:
  • Subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik kelas IX.10 SMP Negeri 1 Binamu. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Siklus I mengajarkan materi Teknologi Ramah Lingkungan. Siklus II mengajarkan materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan. Sebelum masuk siklus I diadakan tes pra siklus dan setiap akhir siklus diadakan juga tes akhir siklus yaitu tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Hasil nilai rata-rata tes pra siklus 35,94, untuk tes hasil belaiar pada siklus I 40,72, dan untuk siklus II 56,56. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar berdasarkan LKPD pada siklus I 82,9 dan pada siklus II 89,4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata dari tes hasil belajar pada pra siklus ke tes hasil belajar siklus I maupun siklus II demikian halnya hasil belajara berdasarkan LKPD. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, pembelajaran berbasis masalah, meningkatkan hasil belajar IPA.