Pengaruh Etika Pergaulan Siswa Terhadap Kecerdasan Emosionalnya dalam Belajar IPS di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Dr. Ibrahim, S.Ag.,M.Pd dan Hasni S.Pd, M.Pd

Main Author: SUSI, AMRIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/720/1/Umi%20Amaliah%20Ilyas%2C%202014..docx
http://eprints.unm.ac.id/720/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SUSI AMRIANI. 2014. Pengaruh Etika Pergaulan Siswa Terhadap Kecerdasan Emosionalnya dalam Belajar IPS di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Dr. Ibrahim, S.Ag.,M.Pd dan Hasni S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran etika pergaulan siswa belajar IPS di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng, untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional siswa belajar IPS di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng, dan untuk mengetahui pengaruh etika pergaulan siswa terhadap kecerdasan emosional siswa belajar IPS di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 607 orang siswa, dansampel berjumlah 86 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran Etika Pergaulan Siswa di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng tergolong dalam kategori “Sangat Baik”, dan gambaran kecerdasan emosional siswa dalam belajar IPS di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng juga tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan yang tergolong kuat antara etika pergaulan siswa terhadap kecerdasan emosionalnya dalam belajar IPS di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng.