Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar

Main Author: Ita, Purnamasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7185/1/ARTIKEL%20ITA%20PURNAMASARI_1451040012.docx
http://eprints.unm.ac.id/7185/
ctrlnum 7185
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7185/</relation><title>Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar</title><creator>Ita, Purnamasari</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan memusatkan perhatian pada kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar terdiri atas 256 siswa, yang terbagi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian yaitu Kelas VIII-5 yang berjumlah 29 siswa. Populasi yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang sama (homogen) sehingga penarikan sampel menggunakan teknik acak atau random sampling technique. Teknik pengumpulan data yaitu tes objektif berupa soal pilihan ganda. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar dikategorikan sangat kurang mampu dengan nilai rata-rata 32,70. Berdasarkan kesimpulan tersebut, diajukan saran, yaitu siswa hendaknya lebih giat lagi berlatih menggunakan tanda baca seperti menggunakan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik koma (;), tanda titik dua (:), tanda hubung (-), tanda pisah ([?]), tanda tanya (?), tanda seru (!), tanda elipsis (&#x2026;), tanda petik (&#x201C;&#x2026;&#x201D;), tanda petik tunggal (&#x2018;&#x2026;&#x2019;), tanda kurung ((&#x2026;)), tanda kurung siku ([&#x2026;]), tanda garis miring (/), dan tanda penyingkat atau apostrof (&#x2018;) yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia terutama penggunaan tanda pisah yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Sebaiknya guru lebih sering memberikan latihan tentang penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7185/1/ARTIKEL%20ITA%20PURNAMASARI_1451040012.docx</identifier><identifier> Ita, Purnamasari (2018) Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>7185</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ita, Purnamasari
title Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar
publishDate 2018
isbn 9781451040012
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/7185/1/ARTIKEL%20ITA%20PURNAMASARI_1451040012.docx
http://eprints.unm.ac.id/7185/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan memusatkan perhatian pada kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar terdiri atas 256 siswa, yang terbagi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian yaitu Kelas VIII-5 yang berjumlah 29 siswa. Populasi yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang sama (homogen) sehingga penarikan sampel menggunakan teknik acak atau random sampling technique. Teknik pengumpulan data yaitu tes objektif berupa soal pilihan ganda. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar dikategorikan sangat kurang mampu dengan nilai rata-rata 32,70. Berdasarkan kesimpulan tersebut, diajukan saran, yaitu siswa hendaknya lebih giat lagi berlatih menggunakan tanda baca seperti menggunakan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik koma (;), tanda titik dua (:), tanda hubung (-), tanda pisah ([?]), tanda tanya (?), tanda seru (!), tanda elipsis (...), tanda petik (“...”), tanda petik tunggal (‘...’), tanda kurung ((...)), tanda kurung siku ([...]), tanda garis miring (/), dan tanda penyingkat atau apostrof (‘) yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia terutama penggunaan tanda pisah yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Sebaiknya guru lebih sering memberikan latihan tentang penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia.
id IOS3399.7185
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:20:08Z
last_indexed 2018-04-20T00:20:08Z
recordtype dc
_version_ 1764483753217884160
score 17.538404