Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar
Main Author: | Ita, Purnamasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7185/1/ARTIKEL%20ITA%20PURNAMASARI_1451040012.docx http://eprints.unm.ac.id/7185/ |
ctrlnum |
7185 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/7185/</relation><title>Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar</title><creator>Ita, Purnamasari</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan memusatkan perhatian pada kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar terdiri atas 256 siswa, yang terbagi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian yaitu Kelas VIII-5 yang berjumlah 29 siswa. Populasi yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang sama (homogen) sehingga penarikan sampel menggunakan teknik acak atau random sampling technique. Teknik pengumpulan data yaitu tes objektif berupa soal pilihan ganda. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar dikategorikan sangat kurang mampu dengan nilai rata-rata 32,70. Berdasarkan kesimpulan tersebut, diajukan saran, yaitu siswa hendaknya lebih giat lagi berlatih menggunakan tanda baca seperti menggunakan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik koma (;), tanda titik dua (:), tanda hubung (-), tanda pisah ([?]), tanda tanya (?), tanda seru (!), tanda elipsis (…), tanda petik (“…”), tanda petik tunggal (‘…’), tanda kurung ((…)), tanda kurung siku ([…]), tanda garis miring (/), dan tanda penyingkat atau apostrof (‘) yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia terutama penggunaan tanda pisah yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Sebaiknya guru lebih sering memberikan latihan tentang penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/7185/1/ARTIKEL%20ITA%20PURNAMASARI_1451040012.docx</identifier><identifier> Ita, Purnamasari (2018) Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>7185</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ita, Purnamasari |
title |
Kemampuan Menentukan Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781451040012 |
topic |
Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia |
url |
http://eprints.unm.ac.id/7185/1/ARTIKEL%20ITA%20PURNAMASARI_1451040012.docx http://eprints.unm.ac.id/7185/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan memusatkan perhatian pada kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar terdiri atas 256 siswa, yang terbagi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian yaitu Kelas VIII-5 yang berjumlah 29 siswa. Populasi yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang sama (homogen) sehingga penarikan sampel menggunakan teknik acak atau random sampling technique. Teknik pengumpulan data yaitu tes objektif berupa soal pilihan ganda. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar dikategorikan sangat kurang mampu dengan nilai rata-rata 32,70. Berdasarkan kesimpulan tersebut, diajukan saran, yaitu siswa hendaknya lebih giat lagi berlatih menggunakan tanda baca seperti menggunakan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik koma (;), tanda titik dua (:), tanda hubung (-), tanda pisah ([?]), tanda tanya (?), tanda seru (!), tanda elipsis (...), tanda petik (“...”), tanda petik tunggal (‘...’), tanda kurung ((...)), tanda kurung siku ([...]), tanda garis miring (/), dan tanda penyingkat atau apostrof (‘) yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia terutama penggunaan tanda pisah yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. Sebaiknya guru lebih sering memberikan latihan tentang penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat bahasa Indonesia. |
id |
IOS3399.7185 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-20T00:20:08Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:20:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483753217884160 |
score |
17.538404 |