Efektivitas Teknik Afirmasi dalam Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi

Main Author: Imamah, Zakiyyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7172/1/kumpulan%20jurnal%20b.indo.pdf
http://eprints.unm.ac.id/7172/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Stres akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang sedang mengerjakan skripsi berada pada tingkat sedang, sehingga dibutuhkan teknik intervensi untuk menurunkan stres akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik afirmasi terhadap penurunan tingkat stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang berjenis kelamin perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accindetal sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian membuktikan bahwa teknik afirmasi efektif dalam menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi p= 0,000 (p<0,05). Penelitian ini memberikan alternatif baru untuk menurunkan stres akademik yang dialami mahasiswa selama mengerjakan skripsi dengan teknik afirmasi.