Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare
Main Author: | Hasbi, Hasbi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/717/1/Hasbi.docx http://eprints.unm.ac.id/717/ |
ctrlnum |
717 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/717/</relation><title>Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare.</title><creator>Hasbi, Hasbi</creator><subject>J General legislative and executive papers</subject><description>ABSTRAK
Hasbi, 2012. Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik dengan penerapan asistensi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Parepare semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kuesioner, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan meggunakan analisis deskriptif. Hasil yang dicapai setelah penerapan asistensi mengalami peningkatan. Hal yang paling utama dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II berada berada pada kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah juga mengalami peningkatan. Sedangkan hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Dan dari hasil kuesioner diperoleh skor rata-rata siklus I maupun Siklus II lebih besar dari skor harapan. Hal ini berarti siswa mempunyai respon positif terhadap penerapan asistensi tugas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare dapat ditingkatkan melalui penerapan asistensi. 

Kata kunci: Peningkatan, Penerapan Asistensi, dan Hasil Belajar.</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/717/1/Hasbi.docx</identifier><identifier> Hasbi, Hasbi (2012) Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>717</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hasbi, Hasbi |
title |
Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare |
publishDate |
2012 |
topic |
J General legislative and executive papers |
url |
http://eprints.unm.ac.id/717/1/Hasbi.docx http://eprints.unm.ac.id/717/ |
contents |
ABSTRAK
Hasbi, 2012. Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik dengan penerapan asistensi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Parepare semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kuesioner, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan meggunakan analisis deskriptif. Hasil yang dicapai setelah penerapan asistensi mengalami peningkatan. Hal yang paling utama dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II berada berada pada kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah juga mengalami peningkatan. Sedangkan hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Dan dari hasil kuesioner diperoleh skor rata-rata siklus I maupun Siklus II lebih besar dari skor harapan. Hal ini berarti siswa mempunyai respon positif terhadap penerapan asistensi tugas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare dapat ditingkatkan melalui penerapan asistensi.
Kata kunci: Peningkatan, Penerapan Asistensi, dan Hasil Belajar. |
id |
IOS3399.717 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2016-09-24T07:14:47Z |
last_indexed |
2016-09-24T07:14:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483722262872064 |
score |
17.538404 |