Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare

Main Author: Hasbi, Hasbi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/717/1/Hasbi.docx
http://eprints.unm.ac.id/717/
ctrlnum 717
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/717/</relation><title>Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare.</title><creator>Hasbi, Hasbi</creator><subject>J General legislative and executive papers</subject><description>ABSTRAK&#xD; Hasbi, 2012. Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik dengan penerapan asistensi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Parepare semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kuesioner, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan meggunakan analisis deskriptif. Hasil yang dicapai setelah penerapan asistensi mengalami peningkatan. Hal yang paling utama dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II berada berada pada kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah juga mengalami peningkatan. Sedangkan hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Dan dari hasil kuesioner diperoleh skor rata-rata siklus I maupun Siklus II lebih besar dari skor harapan. Hal ini berarti siswa mempunyai respon positif terhadap penerapan asistensi tugas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare dapat ditingkatkan melalui penerapan asistensi. &#xD; &#xD; Kata kunci: Peningkatan, Penerapan Asistensi, dan Hasil Belajar.</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/717/1/Hasbi.docx</identifier><identifier> Hasbi, Hasbi (2012) Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>717</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hasbi, Hasbi
title Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare
publishDate 2012
topic J General legislative and executive papers
url http://eprints.unm.ac.id/717/1/Hasbi.docx
http://eprints.unm.ac.id/717/
contents ABSTRAK Hasbi, 2012. Penerapan Asistensi Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik SMK Negeri 2 Parepare. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik dengan penerapan asistensi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Parepare semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kuesioner, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan meggunakan analisis deskriptif. Hasil yang dicapai setelah penerapan asistensi mengalami peningkatan. Hal yang paling utama dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II berada berada pada kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah juga mengalami peningkatan. Sedangkan hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Dan dari hasil kuesioner diperoleh skor rata-rata siklus I maupun Siklus II lebih besar dari skor harapan. Hal ini berarti siswa mempunyai respon positif terhadap penerapan asistensi tugas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Parepare dapat ditingkatkan melalui penerapan asistensi. Kata kunci: Peningkatan, Penerapan Asistensi, dan Hasil Belajar.
id IOS3399.717
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2016-09-24T07:14:47Z
last_indexed 2016-09-24T07:14:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483722262872064
score 17.538404