Hubungan Implementasi Program Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMK Negeri di Palu

Main Author: MUSAFIRA., MUSAFIRA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7131/1/ARTIKEL%20musafira.docx
http://eprints.unm.ac.id/7131/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pengawas SMK di Palu, kepemimpinan kepala SMK Negeri di palu, kinerja guru SMK Negeri di Palu, dan hubungan implementasi program pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru baik secara bersama-sama (simultan) maupun secara sendiri-sendiri (parsial). Populasi penelitian adalah semua guru SMK Negeri di Kota Palu. Penarikan sampel dengan menggunakan stratified proportional random sampling yaitu metode penetapan responden untuk dijadikan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Data implementasi program pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan kinerja guru yang digunakan berupa kuesioner tertutup model skala likert. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda. Kesimpulan penelitian adalah implementasi program pengawas dan kepemimpinan kepala SMK berada pada kategori rendah, dan kinerja guru SMK Negeri di Kota Palu berada pada kategori cukup rendah. Implementasi program pengawas sekolah mempunyai hubungan signifikan dengan kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah mempunyai hubungan signifikan dengan kinerja guru, implementasi program pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama mempunyai hubungan signifikan dengan kinerja guru, sedangkan implementasi program pengawas sekolah mempunyai hubungan signifikan dengan kinerja guru setelah memperhitungkan kepemimpinan kepala sekolah, serta kepemimpinan kepala sekolah mempunyai hubungan signifikan dengan kinerja guru setelah memperhitungkan implementasi program pengawas sekolah.