Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament denganPendekatanKontekstualpada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar
Main Author: | FitriaPratiwiPutri, FitriaPratiwiPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/709/1/Syarifah%20Ariasnury%20A.docx http://eprints.unm.ac.id/709/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK FitriaPratiwiPutri, 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament denganPendekatanKontekstualpada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar.Skripsi. JurusanMatematikaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament denganPendekatanKontekstual pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassardenganmengacupadaempatkriteriaefektivitaspembelajaran, yaituhasilbelajarsiswa, keterlaksanaanpembelajaran, aktivitassiswadanresponsiswa. Teknik sampling yang digunakan adalahcluster random sampling eksperimen sebanyak satu kelas dari empat kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar tahun ajaran 2013/2014 semester genap. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuanawal (pretest) padaawalpertemuandanteshasil belajar (posttest) padaakhirpertemuan, lembarobservasiuntukmengamatiketerlaksanaanpembelajaran, lembarobservasiuntukmengamatiaktivitassiswadanangketresponsiswa. Data tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah sebagai berikut: (1) rata-rata hasilkemampuanawalsiswa (pretest) 25,67, beradadalamkategorisangatrendah. Rata-rata hasilbelajarsiswa (posttest) 81,90, beradadalamkategoritinggi. (2) rata-rata persentasiketerlaksanaanpembelajarankooperatiftipeTeams Games Tournamentdenganpendekatankontekstualmenunjukkan92,3% terlaksanadenganbaik, beradadalamkategoriefektif. (3) rata-rata persentasiaktivitassiswasebesar80,6% siswaaktif, beradadalamkategoriefektif. (4) rata-rata persentasesiswa yang memberiresponpositifterhadappelaksanaan model pembelajarankooperatiftipeTeams Games Tournamentdenganpendekatankontekstualsebesar82,9%, beradadalamkategoriefektif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwapembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamentdenganpendekatankontekstualefektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMPMuhammadiyah 1 Makassar. Kata Kunci: PembelajaranKooperatifTipeTeams Games Tournamentdenganpendekatankontekstual, Efektivitas, Hasilbelajar