Komparasi Proses danHasilPembelajaran Model KooperatifTipe Numbered Heads Together (NHT) danTipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bajeng

Main Author: Sri, Wilyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/706/1/SriWilyana%2C.docx
http://eprints.unm.ac.id/706/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sri Wilyana, 2014. Komparasi Proses danHasilPembelajaran Model KooperatifTipe Numbered Heads Together (NHT) danTipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bajeng. Skripsi. JurusanMatematikaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.Penelitianiniadalahpenelitianeksperimen yang bertujuanuntukmengetahuikomparasi model kooperatiftipeNumbered Heads Together (NHT)dantipeThink Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bajeng yang ditinjau dari ProsesdanHasilPembelajaran. Penelitianinidilaksanakanpada semestergenaptahunAjaran 2013/2014 di Kelas VIII SMP Negari 1 Bajengdenganmemilihsecararandomduadarisembilankelas.Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikstatistikdeskriptifdanstatistikinferensial. Hasil yang diperolehdarianalisisstatistikdeskriptifadalah(1) data model kooperatiftipe NHT dan TPS mengenaiketerlaksanaan modelpembelajarandapatterlaksanadenganbaikdanaktivitassiswasangatbaik,denganmenggunakanlembarobservasi, (2) rata-rata kemampuanawalsiswa (pretest)pada model kooperatiftipe NHT sebesar32,20denganstandardeviasi 9,305 danberadapadakategorisangatrendah, (3)rata-rata hasilbelajarsiswa (posttest)sebesar86,00beradapadakategoritinggidenganstandardeviasi 7,839, (4) rata-rata kemampuanawalsiswa (pretest)pada model kooperatiftipeTPS sebesar 32,10denganstandardeviasi 7,466danberadapadakategorisangatrendah(5) rata-rata hasilbelajarsiswa (posttest) 84,57 beradapadakategoritinggidenganstandardeviasi8,394, (6) nilai rata-rata gain ternormalisasisiswapada model kooperatiftipe NHTsebesar 0,80 yangberadapadakategoritinggi, sedangkanrata-rata gain ternormalisasisiswapada model kooperatiftipe TPSsebesar 0,78 yang beradapadakategoritinggi, dan (7) hasil analisis inferensialmenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaansecarasignifikanselisihhasilbelajarmetematikasiswa yang diajardenganmodel pembelajaran kooperatiftipe NHT dantipe TPS. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwapembelajaran kooperatif tipe NHT dantipe TPS samabaiknyaditerapkan pada siswa kelas VIII SMPNegeri1Bajeng untuk pokok bahasan kubusdanbalok. Kata Kunci : Model PembelajaranKooperatiftipeNHT danModel PembelajaranKooperatiftipe TPS, Proses Pembelajaran, Hasilbelajar.