Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VII MTs. Suli Kabupaten Luwu

Main Author: Jafar, Jumri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7015/1/6.%20BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7015/2/10.%20BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/7015/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah:(1) mendeskripsikan kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa Kelas VII MTs .Suli Kabupaten Luwu jika dilihat di bagian awal cerita (suasana dan tokoh), (2) mendeskripsikan kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa Kelas VII MTs .Suli Kabupaten Luwu jika dilihat di bagian tengah cerita (konflik dan klimaks), dan (3) mendeskripsikan kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa Kelas VII MTs .Suli Kabupaten Luwu jika dilihat di bagian akhir cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Suli Kabupaten Luwu yang berjumlah 46 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampeltotal. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri dari Kelas VII PA sebanyak 18 siswa dan Kelas VII PI sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yakni tes penugasan mengembangkan karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadisiswa kelas VII MTs. Suli Kabupaten Luwu berada pada kategori cukup mampu yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 59.49. Kata Kunci: kemampuan, mengembangkan karangan narasi, pengalaman pribadi