Keterampilan Menulis Cerpen dalam Bahasa Makassar Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara Kabupaten Takalar

Main Author: Afriani, Irma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7007/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/7007/2/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/7007/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen dalam bahasa Makassar berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara Kabupaten Takalar.Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara Kabupaten Takalar yang berjumlah 264 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 30 orang.Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling (secara acak), kelas yang terpilih yaitu kelas VIII.1. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes.Data yang diperoleh dari tes diolah dengan menggunakan teknik statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerpen dalam bahasa Makassar berdasarakan pengalaman pribadi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara Kabupaten Takalar dikategorikan belum terampil. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes keterampilan menulis cerpen yaitu, dari 25 orang siswa sampel, hanya 2 orang siswa (8%) yang mampu mencapai nilai 75 ke atas. Berdasarka hasil penelitian ini, diajukan saran sebagai berikut: (1) Siswa sebaiknya diberikan banyak latihan menulis cerpen. (2) Guru diharapkan dapat memberi penjelasan yang lebih rinci tentang menulis cerpen dan memerhatikan kondisi dan pengetahuan siswa dengan banyak berinteraksi dalam proses belajar mengajar. (3) Guru sebaiknya mencari strategi mengajar yang lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran menulis siswa.