Keefektifan Model Pembelajaran Time Token dalam Kemampuan Berdebat Siswa Kelas X SMA Wahdah Islamiyah
Main Author: | Damayanti,, Riska Ulfa Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7000/1/BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/7000/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berdebat tanpa menggunakan model pembelajaran time token siswa kelas X SMA Wahdah Islamiyah; (2) mendeskripsikan kemampuan berdebat dengan menggunakan model pembelajaran time token siswa kelas X SMA Wahdah Islamiyah; dan (3) membuktikan keefektifan penggunaan model pembelajaran time token siswa kelas X SMA Wahdah Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dirancang secara deskriptif. Desain yang digunakan adalah One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Wahdah Islamiyah yang berjumlah 89 siswa yang tersebar pada tiga kelas yaitu kelas XB1, XB2, dan XB3.Sampel penelitian ini adalah kelas XB2 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik tes yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah teknik tes kemampuan berdebat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistiki nferensial jenis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berdebat tanpa menggunakan model pembelajaran time token siswa kelas X SMA Wahdah Islamiyah dikategorikan sangat rendah dengan nilai rata-rata 49,6, (2) pembelajaran berdebat dengan menggunakan model pembelajaran time token siswa kelas X SMA Wahdah Islamiyah dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 76,8, (3) model pembelajaran time token efektif digunakan dalam pembelajaran berdebat siswa kelas X SMA Wahdah Islamiyah dengan nilai- thitung= -12,281≤ -ttabel= -2,0452.