Pengaruh Metode Pemberian Tugas dan Gaya Belajar pada Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bulukumba (Studi Materi Pokok Larutan Asam Basa)
Main Author: | TRIFANY, ANDI WAHYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6970/1/ARTIKEL%20AW.docx http://eprints.unm.ac.id/6970/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar kimia (2) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kimia (3) mengetahui interaksi antara metode pemberian tugas dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bulukumba pada materi pokok larutan asam basa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi terdiri dari enam kelas dengan jumlah peserta didik 170 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA2 dan XI IPA3 yang terdiri dari 57 peserta didik. Data diperoleh melalui angket gaya belajar dan tes hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 20 melalui uji Two Way Anova dengan tingkat kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar kimia (2) ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kimia (3) tidak ada interaksi antara metode pemberian tugas dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bulukumba pada materi pokok larutan asam basa.