Kesantunan Tuturan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar-Mengajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng

Main Author: Hasanah, Uswah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6864/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/6864/
ctrlnum 6864
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6864/</relation><title>Kesantunan Tuturan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar-Mengajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng</title><creator>Hasanah, Uswah</creator><subject>FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA</subject><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan tuturan siswa berdasarkan maskim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, permufakatan, dan kesimpatisan dalam interaksi belajar-mengajar kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan siswa dan guru dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah keseluruhan tuturan bahasa Indonesia siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tuturan siswa, sebagian besar tuturannya mematuhi maksim-maksim kesantunan, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatisan. Selain itu, terdapat tuturan yang melanggar maksim-maksim kesantunan. Tuturan tersebut melanggar maksim kesederhanaan. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, saran yang diajukan peneliti yaitu diharapkan kepada guru hendaknya lebih mengarahkan siswa, khususnya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng agar tetap mempertahankan kesantunan berbahasa Indonesia saat berkomunikasi, guru hendaknya memberikan pengarahan kepada siswa agar menanamkan sikap positif terhadap bahasa, termasuk penggunaannya dalam proses pembelajaran sehingga berlangsung dengan baik. Demikian halnya dalam lingkungan bermasyarakat sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara penutur bahasa yang satu dengan yang lain.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6864/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> Hasanah, Uswah (2016) Kesantunan Tuturan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar-Mengajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>6864</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hasanah, Uswah
title Kesantunan Tuturan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar-Mengajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng
publishDate 2016
topic FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/6864/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/6864/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan tuturan siswa berdasarkan maskim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, permufakatan, dan kesimpatisan dalam interaksi belajar-mengajar kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan siswa dan guru dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah keseluruhan tuturan bahasa Indonesia siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tuturan siswa, sebagian besar tuturannya mematuhi maksim-maksim kesantunan, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatisan. Selain itu, terdapat tuturan yang melanggar maksim-maksim kesantunan. Tuturan tersebut melanggar maksim kesederhanaan. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, saran yang diajukan peneliti yaitu diharapkan kepada guru hendaknya lebih mengarahkan siswa, khususnya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng agar tetap mempertahankan kesantunan berbahasa Indonesia saat berkomunikasi, guru hendaknya memberikan pengarahan kepada siswa agar menanamkan sikap positif terhadap bahasa, termasuk penggunaannya dalam proses pembelajaran sehingga berlangsung dengan baik. Demikian halnya dalam lingkungan bermasyarakat sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara penutur bahasa yang satu dengan yang lain.
id IOS3399.6864
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:19:59Z
last_indexed 2018-04-20T00:19:59Z
recordtype dc
_version_ 1764483751855783936
score 17.538404