Deskripsi Kesulitan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Tingkat Tinggi Di Tinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Pada Siswa Smp
Main Author: | Hamrun, Herlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6843/1/11.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN.docx http://eprints.unm.ac.id/6843/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika tingkat tinggi ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa kelas VII SMPN negeri 1 Sandaran. Penelitian ini dilakukan pada smester ganjil tahun ajaran 2017-2018. Subjek penelitian ini adalah 2 orang responden dari masing-masing kepribadian ekstrovert dan introvert. Terdapat empat tahapan dalam pemecahan masalah yang menjadi indikator dari penelitian ini yaitu memahami masalah, merencanakan, melaksanakan, dan melihat kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa introvert tidak dapat melalui tahap memahami masalah, sedangkan merencanakan masalah membutuhkan waktu untuk mengingat konsepnya, dan melaksankan serta mampu melihat kembali. Untuk soal pertama, sedangkan untuk soal kedua subjek mampu melewati tahapan memahami, merencanakan, melaksanakan dan melihat kembali. (2) Siswa ekstrovert kurang paham dalam memahami masalah dan ia merencanakan masalah dengan tidak tepat sehingga subjek mendapatkan hasil yang salah.