Kemampuan Mendongeng (Akrupama) dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takalar

Main Author: NURISRAENI, NURISRAENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6824/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/6824/
ctrlnum 6824
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6824/</relation><title>Kemampuan Mendongeng (Akrupama) dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takalar</title><creator>NURISRAENI, NURISRAENI</creator><subject>Pend. Bahasa dan Sastra Daerah</subject><description>Penelitian ini bertujuan mengdeskripsikan kemampuan mendongeng (akrupama) dalam bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takalar. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriftif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kels VIII SMP Negeri 1 Takalar tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 286 orang dengan penyebaran 10 kelas yang bersifat homogen. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan teknik random sampling sehingga didapat sampel yaitu siswa kelas VIII-2 sebanyak 30 orang. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, maka digunakan teknik rekam sebagai instrumen penelitian. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1Takalar belum mencapai standar pencapaian yang ditentukan yaitu 80% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM). Berdasarkan kriteria penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan berada pada taraf rendah dimana hasil penilaian terdapat 2 siswa mampu memperoleh nilai &#x2265;75 dengan presentase 7,14% dan 26 siswa yang memperoleh di bawah &#x2264;75 dengan presentase 92,86%. Dan 2 siswa lainnya tidak mengikuti penilaian dalam penelitian ini karena berhalangan hadir.&#xD; Saran peneliti Sebaiknya pembelajaran bahasa daerah harus tetap diajarkan di sekolah karena merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Bagi siswa disarankan terus memperluas dan meningkatkan penguasaan keterampilan bercerita dalam bahasa Makassar agar memiliki keterampilan berbicara yang baik dan berkualitas. Pembelajaran berbicara khusunya tentang keterampilan bercerita dalam bahasa Makassar sebaiknya diberikan dengan banyak cara yang bervariasi agar anak terbiasa dan tidak gugup lagi saat bercerita di depan kelas. &#xD; &#xD; Kata Kunci. Kemampuan, Mendongeng, Akrupama, Bahasa Makassar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6824/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> NURISRAENI, NURISRAENI (2017) Kemampuan Mendongeng (Akrupama) dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takalar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>6824</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURISRAENI, NURISRAENI
title Kemampuan Mendongeng (Akrupama) dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takalar
publishDate 2017
topic Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
url http://eprints.unm.ac.id/6824/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/6824/
contents Penelitian ini bertujuan mengdeskripsikan kemampuan mendongeng (akrupama) dalam bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takalar. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriftif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kels VIII SMP Negeri 1 Takalar tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 286 orang dengan penyebaran 10 kelas yang bersifat homogen. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan teknik random sampling sehingga didapat sampel yaitu siswa kelas VIII-2 sebanyak 30 orang. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, maka digunakan teknik rekam sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1Takalar belum mencapai standar pencapaian yang ditentukan yaitu 80% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM). Berdasarkan kriteria penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan berada pada taraf rendah dimana hasil penilaian terdapat 2 siswa mampu memperoleh nilai ≥75 dengan presentase 7,14% dan 26 siswa yang memperoleh di bawah ≤75 dengan presentase 92,86%. Dan 2 siswa lainnya tidak mengikuti penilaian dalam penelitian ini karena berhalangan hadir. Saran peneliti Sebaiknya pembelajaran bahasa daerah harus tetap diajarkan di sekolah karena merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Bagi siswa disarankan terus memperluas dan meningkatkan penguasaan keterampilan bercerita dalam bahasa Makassar agar memiliki keterampilan berbicara yang baik dan berkualitas. Pembelajaran berbicara khusunya tentang keterampilan bercerita dalam bahasa Makassar sebaiknya diberikan dengan banyak cara yang bervariasi agar anak terbiasa dan tidak gugup lagi saat bercerita di depan kelas. Kata Kunci. Kemampuan, Mendongeng, Akrupama, Bahasa Makassar.
id IOS3399.6824
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:19:59Z
last_indexed 2018-04-20T00:19:59Z
recordtype dc
_version_ 1764483751506608128
score 17.538404