Pengaruh Keharmonisan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Pada Siswa SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru

Main Author: NISMAWATI, NISMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6733/1/ARTIKEL%20NISMAWATI.docx
http://eprints.unm.ac.id/6733/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif atau penelitian penjelasan. Variabel yang diteliti adalah keharmonisan keluarga (X1), lingkungan sekolah (X2), dan prestasi belajar siswa (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru dengan jumlah sampel sebanyak 105 siswa dari populasi 144 siswa, dengan pengambilan sampel dilakukan melalui prosedur proportional dan random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Hipotesis diuji dan dianilisis dengan menggunakan Regresis sederhana dan Regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar Sosiologi pada siswa IPS di SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Sosiologi pada siswa IPS di SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi pada siswa IPS di SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru.