EfekQuantum TeachingterhadapHasilBelajarMatematikaSiswapadaKelas VIII SMP Islam TerpaduWahdahIslamiyah

Main Author: Ardillah, Ardillah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6704/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/6704/2/BAB%20V%20.docx
http://eprints.unm.ac.id/6704/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmembuktikanefekquantum teachingterhadaphasilbelajarmatematikasiswapadakelas VIII SMP Islam TerpaduWahdahIslamiyah. Penelitianinimerupakan quasi eksprimendenganmenggunakandesainpenelitianNonequivalent Control Group Design.Penelitianinidilaksanakan di SMP Islam TerpaduWahdahIslamiyah. Adapunkelas yang dijadikansampeladalahkelas VIIIA 1 berjumlah 29 orang dankelas VIIIA 2 berjumlah 27 orang. Kelas VIIIA 1 diajardenganmenggunakanpembelajaranquantum teachingdankelas VIIIA 2 diajardenganmenggunakanpembelajarankonvensional. Data penelitiandiperolehmelalui instrument penelitianberupaketerlaksanaanpembelajarandanteshasilbelajarsiswa. Adapunketerlaksanaanpembelajaranquantum teachingberkisar 86% danketerlaksanaanpembelajarankonvensionalberkisar 92%. Data yang diperolehkemudiandianalisisdenganstatistikdeskriptifdaninferensial. Padakelaseksprimen, rata-rata hasilbelajarnyayaitupretest 18.29, posttest 37.85, dannormalisasigainnya 0.26. Padakelaskontrol, rata-rata hasilbelajarnyayaitupretest 17.07, posttest 36.42, dannormalisasigainnya 0.24. Hasilanalisismenunjukkanbahwa: Tidakterdapatefekquantum teachingterhadaphasilbelajarmatematikasiswapadakelas VIII SMP Islam TerpaduWahdahIslamiyah. Kata Kunci: HasilBelajar, Quantum Teaching, Pembelajarankonvensional.