PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X AVIONIC SMK PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT DAN STRATEGI KONVENSIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN MATRIKS
Main Author: | HaryuniHelmi, HaryuniHelmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/665/1/HaryuniHelmi.docx http://eprints.unm.ac.id/665/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK HaryuniHelmi, 2014. PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X AVIONIC SMK PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT DAN STRATEGI KONVENSIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN MATRIKS. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendenganunit experimendalampenelitianiniadalahsiswa SMK PenerbanganHasanuddinkelas X sebanyakduakelas, yang terdiriataskelaseksperimendankelaskontrol.Keduakelastersebutdiambilsecaraacakdaritigakelas yang ada.Kelaseksperimen yang berjumlah 37 siswamerupakankelas yang mendapatkanpembelajarandenganstrategireactsedangkankelaskontrol yang berjumlah 37 siswaadalahkelas yang mendapatkanpembelajarandenganstrategikonvensional. Dalampenelitianiniperlakuan yang diberikanadalahpembelajaranmelaluistrategireact, sedangkanaspek yang diukurnyaadalahpenalaranmatematissiswa. Olehkarenaitu, yang menjadivariabelbebasdalampenelitianiniadalahpembelajarandenganstrategireactdanvariabelterikatnyaadalahpenalaranmatematisHasilpretesmenunjukkanbahwanilaitertinggidanterendahdarikelaseksperimenadalah 14 dan 8, sedangkanpadakelaskontrolnilaitertinggidannilaiterendahnyaadalah14 dan 6.Kelaseksperimenmemilikinilairata-rata 10,05dankelaskontrol 10,08,haltersebutmenunjukkanbahwakelastersebutmemilikivariansi yang homogensehinggamemenuhiuntukdijadikansebagaiobyekpenelitian Hasilpostesmenunjukkanbahwanilaitertinggidanterendah yang dicapaiolehsiswapadakelaseksperimenadalah 92 dan 58 dengan rata-rata 72,41 sedangkanuntukkelaskontroladalah 85 dan 28 denganrata-rata 63,27.Skor rata-rata nilai gain kelaseksperimenadalah 0.7. Hal inimenunjukkanbahwakualitaspencapaianbernalarsiswabaik, danskor rata-rata nilai gain kelaskontroladalah 0,6. Hal inimenunjukkanbahwakualitaspencapaianbernalarsiswasedang. Uji-t yang dilakukanterhadaphasil gain kelaskontroldankelaseksperimenmenunjukkanadanyaperbedaanhasil yang signifikanantarakelaseksperimendankelaskontrol.Karenanilai 1⁄2 sig. (2-tailed) <dari 0,05maka Ho di terima, artinyapencapaiankemampuanbernalarmatematissiswakelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrolSehinggadapatdisimpulkanbahwaterjadiperbedaankemampuanpenalaranmatematissiswaantarakelaseksperimendankelaskontrol. Kata kunci: strategiReact, kemampuanpenalaran